Mr atau Mr ?


Mungkin saya ketinggalan atau baru tau sekarang, tapi tidak apa karena saya sedang senang saya menuliskan penemuan saya itu di dalam blog ini.

Ketika saya bersekolah di SD dulu ada mata pelajaran IPS Sejarah bahkan mata pelajaran itu saya jumpai lagi sampai SMA. Beruntung saya senang sekali pelajaran sejarah, apalagi kalau gurunya sudah mendongeng pasti akan menjadi seru banget.. saya selalu semangat ketika guru bercerita tentang keadaan di zaman peperangan.

Kalau kita belajar tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia pasti kita akan menemukan nama Mr. Moh. Yamin, Mr. Ahmad Subarjo dan lainnya. Hal yang menggelitik adalah awalan “Mr” di depan nama tokoh tersebut. entah mungkin hanya saya saja yang berpikiran bahwa awalan tersebut dibaca “mister” yang sering diucapkan ketika  berbahasa inggris untuk menyapa lelaki yang sudah cukup umur (baca: bapak). Namun pada hari ini asumsi tersebut dipatahkan oleh ‘wikipedia’. sungguh menarik ternyata awalan ‘Mr” tersebut adalah gelar akademik yang diperoleh setelah menyelesaikan studi ilmu hukum. “Mr” merupakan singkatan dari Meester in de Rechten yang dalam bahasa Belanda, gelar ini berarti “Magister dalam ilmu hukum”.

Setelah menemukan fakta tersebut saya tertawa sendiri. Saya pikir ini adalah hal yang terkesan kecil namun bermakna dan luput dari perhatian. Mungkin kalau tidak mencari lebih lanjut saya tidak akan tahu makna tersebut. Bagi orang awam ketika mendengar nama tokoh-tokoh tersebut akan berasumsi sebagai panggilan hormat kepada orang yang lebih tua, menganggap bahwa awalan tersebur lumrah digunakan karena pada saat itu Indonesia dijajah oleh orang Eropa.

sumber : wikipedia.org

Jangan sekali-kali melupakan sejarah (jas merah) -Ir.Soekarno-

Leave a Reply

