Tahun 2013 menjadi tahun yang bersejarah bagi Kota Bandung. Kepemimpinan Kota Bandung beralih dari Dr. H. Dada Rosada, SH, M.Si yang habis masa bakti tugasnya ke Mochamad Ridwan Kamil, ST, MUD yang terpilih secara demokratis. Beliau terpilih bersama Oded M. Danial selaku Wakil Walikota Bandung untuk masa bakti 2013-2018. Walikota Bandung yang baru berlatar belakang arsitek. Belakangan sebelum mencalonkan sebagai walikota Bandung, nama beliau semakin terdengar terutama di kalangan akademisi khususnya mahasiswa arsitek. Karya-karya beliau banyak yang menjadi inspirasi desain bagi para mahasiswa arsitektur. Karya-karya beliau diantaranya adalah Museum Tsunami di Aceh, Masjid Al-Irsyad di Kotabaru Padalarang, dan lain-lain. Beliau juga aktif mengisi seminar-seminar dalam bidang arsitektur. Mahasiswa-mahasiswa arsitektur seperti saya tentu tidak ingin melewatkan kesempatan untuk menghadiri seminarnya beliau.

wk_wwkGambar : Walikota Bandung (kiri) dan Wakil Walikota Bandung (kanan) 2013-2018

Sebuah kejutan besar bagi masyarakat kota Bandung. Pada awal masa pemerintahannya, Walikota Bandung Ridwan Kamil langsung muncul ke publik dan membuat gebrakan-gebrakan nyata. Dimulai dengan hari naik angkot gratis, hari jumat bersepeda, hari rabu berbahasa sunda, dan lain-lain. Tidak sekedar untuk pencitraan namun hal tersebut dibuktikan bahkan untuk gerakan hari jumat bersepeda, beliau juga mencontohkan naik sepeda dari rumah ke kantornya di Balaikota pada hari jumat bahkan tidak hanya hari jumat saja menggunakan sepeda, tapi juga hari-hari lainnya. Hal ini terbukti dari beberapa tangkapan kamera yang sering memotret beliau ketika sedang bersepeda untuk menghadiri urusan kedinasan. Selanjutnya banyak gebrakan nyata yang muncul seperti penataan di JL. Kepatihan Bandung, penataan PKL, penataan taman-taman di Bandung dengan tema yang unik, dan lain-lain.

pks-jepang-7Ridwan-Kamil-covdua

Hari ini masa pemerintahan Walikota Bandung Ridwan Kamil telah lebih dari 100 hari, belum setahun memang. Namun gebrakan nyata, perubahan-perubahan yang terus dilakukan memberi harapan bagi warga kota Bandung, termasuk saya. Saya rasa kalau begini terus keadaannya Bandung akan semakin nyaman untuk ditempati. Tidak menutup kemungkinan Bandung akan menjadi kota terbaik di Indonesia 5 tahun yang akan datang. Khayalan tentang wajah Kota Bandung seperti di negara maju bisa jadi kenyataan. Dalam beberapa pekan terakhir ada kabar yang berhembus Ridwan Kamil dinilai pantas menjadi Presiden RI 2014. Saya rasa itu terlalu cepat, saat ini Bandung sedang membutuhkan beliau untuk mewujudkan Bandung JUARA.

Berikut ini adalah buku digital yang berisi kesuksesan kepemimpinan Walikota Bandung Ridwan Kamil beserta Wakil Walikota Bandung Oded M. Danial selama tahun 2013. Seperti judulnya ini adalah “Langkah Awal”, tentu kita menunggu kelanjutannya🙂
Selamat bekerja Pak Walikota

http://issuu.com/ridwankamil/docs/kaleidoskop_2013_megatron/32

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s