Asistensi


Asistensi atau membimbing siswa adalah hal yang saya lakukan sebagai guru PPL. Karena saya kuliah di jurusan pendidikan arsitektur, maka saya ditempatkan sebagai guru di SMK program gambar bangunan. Pada saat saya masuk ke sekolah tersebut, siswa sedang mengerjakan tugas terstruktur berupa rumah tinggal sederhana. Saya selain mengajar juga bertugas untuk memonitor pekerjaan siswa. Ini mengingatkan saya kira-kira 2 tahun yang lalu saat saya masih sebagai mahasiswa yang mengontrak mata kuliah gambar konstruksi bangunan. Dosen berkeliling memonitor pekerjaan mahasiswa dan kadang melakukan asistensi gambar di luar jam kuliah. Hal itu pun kini terjadi pada saya. Membimbing siswa bukanlah pekerjaan mudah. Kalau menghakimi, akan membuat mental siswa down bahkan membuat mereka tidak berani untuk menggambar. Maka saat pertama kali mendapat tugas ini, saya lakukan dengan sangat hati-hati. Sering saya dapati gambar siswa yang tidak sesuai dan salah. Saya lalu menegurnya dan mencontohkan gambar yang benar. Rupanya saya salah duga. Siswa justru semakin antusias dan mengajukan banyak pertanyaan. Dari situ tercipta suasana yang mencair dan mengalir. Obrolan pun semakin menarik. Saya coba tanya pada guru pembimbing dan beliau pun mengutarakan jawabannya. Menurut beliau kalau ada siswa yang gambarnya salah maka salahkan saja, siswa akan sangat senang karena siswa di SMKN 6 Bandung ini mempunyai kesadaran diri yang tinggi untuk mendapatkan ilmu. Beliau pun menambahkan bahwa siswa SMK disiapkan untuk langsung bekerja setelah lulus, jadi  informasi yang diberikan kepada siswa adalah ilmu yang dipraktikkan di lapangan. Tidak hanya sekedar yang tertulis di buku teks saja.

Leave a Reply

