Menjadi Guru PPL


20140412_113632 Kegiatan PPL yang dilaksanakan oleh saya selaku guru PPL (baca : praktikan) di SMKN 6 Bandung dapat dikatakan terlaksana dengan baik. Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, disana terdapat tantangan bagaimana caranya bisa menjadi guru yang ideal dan bertanggung jawab atas kemajuan siswa. Berkenaan dengan hal tersebut maka Universitas Pendidikan Indonesia sebagai salah satu institusi pencetak guru yang profesional telah memberikan mata kuliah PPL yang sangat berpengaruh terhadap kesiapan lulusannya untuk menjadi guru yang ideal. Dengan adanya kegiatan PPL ini praktikan mendapatkan pengalaman bagaimana cara mengatur siswa, membimbing siswa, memberikan materi dengan penyampaian yang bisa di terima oleh siswa. Pengalaman ini diperoleh dari guru, karyawan, siswa dan rekan-rekan PPL lainnya.

Dalam pelaksaan PPL ini terkadang menghadapi kendala, namun kendala ini tidak lantas menjadi alasan sebagai faktor kegagalan praktikan dalam pelaksanaan PPL. Kendala tersebut dijadikan pelajaran berharga agar ketika praktikan menghadapi masalah tersebut di masa yang akan dating, praktikan dapat menghadapinya dengan cara yang tepat. Selama praktikan melaksanakan kegiatan PPL di SMKN 6 Bandung, praktikan dapat menarik kesimpulan secara umum, yaitu kegiatan PPL bertujuan untuk melatih para calon pendidik (mahasiswa/praktikan) agar mendapatkan pengalaman mendidik secara faktual di lapangan dan juga sebagai sarana terbentuknya tenaga kependidikan yang profesional di bidangnya. Dengan adanya kegiatan PPL, mahasiswa dapat mempraktikan secara langsung dan menerapkan ilmu yang diperoleh pada perkuliahan di kampus dalam kenyataan yang tampak di lapangan serta dihadapkan pada permasalahan yang ada dalam realitas yang sebenarnya di sekolah.

Secara khusus praktikan menyimpulkan sesuatu yang ditemui praktikan dalam pelaksanaan PPL di SMKN 6 Bandung adalah sebagai berikut :

  1. Merupakan mengalaman yang luar biasa bagi praktikan bisa melaksanakan PPL di SMKN 6 Bandung. Tidak hanya ilmu pengetahuan saja tapi juga memprioritaskan pembentukan dan pembinaan karakter siswa yang berakhlak baik, disiplin, dapat bekerjasama, dan bertanggung jawab. Selain itu SMKN 6 Bandung tampak peduli terhadap pelestarian alam dan budaya Sunda yang semakin terkikis oleh perkembangan zaman.
  2. Keberadaan praktikan di SMKN 6 Bandung sangat diterima dengan baik oleh pihak sekolah sehingga merasa nyaman dan dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah.
  3. Dalam lingkungan kerja cenderung timbul idealisme masing-masing baik guru maupun karyawan. Oleh karena itu praktikan harus pandai-pandai membedakan cara bersikap dengan masing-masing individu.
  4. Untuk menjadi seorang pendidik ternyata tidak mudah seperti yang kita bayangkan. Akan tetapi harus didukung dengan pengetahuan, nilai, sikap, keterampilan, dan tingkah laku yang baik dalam menunjang profesinya.
  5. Perencanaan, pembuatan, dan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran secara sistematis merupakan modal dasar untuk keberhasilan pelaksanaan program pengajaran

20140219_085138

Kang Ikhsan Koordinator PPL Teknik Arsitektur dan Kang Ricky Koordinator PPL SMKN 6

20140210_100620

Suasana studio gambar jurusan teknik gambar bangunan

20140528_072221

Program Rebo Nyunda di sekolah

20140607_075951

Saat menjadi pengawas ulangan kenaikan kelas🙂

20140524_103931

Berfoto dengan beberapa rekan PPL

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s