Slide14Tahun 2013 lalu saya coba tuangkan gagasan konsep desain rumah Sunda ke dalam Program Kreativitas Mahasiswa. Konsep ini dilatarbelakangi oleh pemanasan global yang menjadi perhatian serius masyarakat di seluruh belahan dunia. Untuk mengatasi pemanasan global digalakkan program pengurangan emisi karbon. Salah satu bentuk dukungan terhadap program tersebut muncul sebuah istilah green architecture. Gerakan ini muncul sebagai suatu kesadaran untuk menciptakan bangunan yang ramah terhadap lingkungan. Dalam beberapa literatur disebutkan bahwa rumah tradisional Sunda telah mampu beradaptasi dengan iklim, sehingga ada yang beranggapan bahwa rumah Sunda termasuk ke dalam kriteria model green architecture. Dengan anggapan tersebut saya mencoba mengkombinasikan desain modern dengan desain tradisional.

Slide24

Pada bagian atap dibuat tinggi untuk memaksimalkan pengkondisian udara. Atap yang tinggi dapat menyimpan udara kemudian dengan bertahap menyalurkannya ke dalam bangunan. Sehingga hawa dalam bangunan akan terasa sejuk. Selain itu di bagian atapnya pun diberi ventlasi sehingga dapat memaksimalkan sirkulasi udara dan pencahayaan ke dalam ruangan.

Slide28

Penggunaan jendela kaca yang terbuka lebar pada bangunan dimaksudkan ntuk memaksimalkan pencahayaan yang masuk ke dalam ruangan. Ciri khas rumah sunda adalah rumah dengan bentuk panggung. Maka pada desain ini, kesan bentuk panggung akan tercermin pada bagian terasnya yang diangkat ke atas. Di bawah teras terdapat kolam ikan. Sehingga penghuni rumah dapat bersantai bersama keluarga di teras tersebut sambil menikmati alam buatan.

Berikut ini adalah video animasi desain yang turut dipresentasikan pula pada ajang PIMNAS 2013.

Protected by Copyscape

2 thoughts on “Konsep Desain Rumah Panggung Sunda Modern

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s