2013-02-13 10.56.53

Tuntutan tugas mata kuliah Studio Perancangan Arsitektur mengharuskan saya untuk studi banding ke Gedung Sate sebagai contoh model desain gedung pemerintahan. Kesempatan itu coba saya maksimalkan dengan memahami sejarah dan menjelajahi setiap area dalam bangunan, meskipun tidak bisa mengintip ke dalam ruang kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, pengalaman study tour ke Gedung Sate cukup menyenangkan. Sebelumnya untuk kemudahan proses administrasi saya memohon surat izin melalui fakultas yang ditujukan kepada pengelola gedung. Surat izin ini sebagai “alasan” untuk “berwisata” di Gedung Sate🙂

Gedung Sate merupakan landmark yang menjadi identitas Kota Bandung dan Jawa Barat. Bangunan yang didirikan pada tahun 1920 ini memiliki nilai sejarah tinggi dan telah menjadi kebanggaan warga Jawa Barat. Gedung Sate saat ini berfungsi sebagai kantor pusat Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Ciri khas pada bangunan ini adalah tusuk sate dengan enam buah ornamen berbentuk jambu air yang terdapat pada puncak atap bangunan. Konon kabarnya tusuk sate tersebut melambangkan modal awal pembangunan gedung sebesar 6 juta gulden pada masa kolonial Belanda. Menurut sejarah, arsitektur Gedung Sate merupakan hasil pemilihan Pemerintah Belanda terhadap sayembara desain para arsitek. Karya Ir. J. Berger yang memiliki model arsitektur tradisional Nusantara terpilih sebagai pemenangnya. Pilihan tersebut tidak terlepas dari masukan dan pendapat arsitek Belanda H.P. Berlage. Menurut Cor Pashier gaya arsitektur Gedung Sate merupakan gaya baru yang memadukan unsur timur pada wajahnya dengan unsur barat pada teknik konstruksinya. Menurut D. Ruhl dalam bukunya yang berjudul “Bandoeng en haar Hoogvlakte” (1952) mengatakan bahwa Gedung Sate adalah bangunan terindah di Indonesia (het mooiste gebouw van Indonesie).

2013-02-13 11.40.39

Terdapat ruangan khusus seperti museum untuk memamerkan koleksi yang berhubungan dengan sejarah Gedung Sate dan Jawa Barat. Foto Gubernur dari yang pertama sampai saat ini menjabat dipajang berurutan. Selain itu ada juga miniatur makanan dan rumah khas Jawa Barat.

CIMG5337

Pemandangan Lapangan Gasibu dan Monumen Perjuangan Jawa Barat yang bersumbu lurus dengan Gunung Tangkuban Perahu

CIMG5342

Ini adalah ruang perjamuan di menara atas, biasanya digunakan untuk menjamu tamu resmi pemerintah Provinsi Jawa Barat. Ruangan ini terletak di paling atas, untuk mengakses ruangan tersebut dapat menggunakan lift atau tangga kayu.

2013-02-13 12.02.01Seperti namanya The Coffe Terrace, tempat ini dirancang sedemikian rupa seperti cafe-cafe terkenal di Paris. Di teras ini kita dapat duduk bersantai merasakan hembusan udara segar Kota Bandung sambil disuguhi pemandangan Gunung Tangkuban Perahu yang bersumbu lurus dengan gedung ini.

CIMG5278

(Dari kiri ke kanan : Adam, Hadi, Luthfi, Ikhwan) foto bersama dengan latar Gedung Sate🙂

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s