Tampilan sampul depan komik Kariage Kun Vol 50 versi Bahasa Indonesia - Source : Elex Media Komputindo
Tampilan sampul depan komik Kariage Kun Vol 50 versi Bahasa Indonesia – Source : Elex Media Komputindo

Generasi tahun 90’an pecinta komik seperti saya pasti kenal dengan nama Kariage, pegawai kantoran dari negeri Sakura dengan model rambut yang anti mainstream. Tingkahnya yang gokil abis, suka bikin kesal orang-orang di sekitarnya terutama Kepala Seksi Kimura yang selalu jadi langganan korban kejahilannya selalu bisa membuat tertawa saat membacanya.

Ini adalah profil Kariage menurut Wikipedia yang saya kutip ~ “Kariage Kun adalah manga karya Masashi Ueda yang diterbitkan oleh Futabasha. Manga ini diterbitkan pertama kali di Indonesia oleh Elex Media Komputindo pada tahun 1999 dan masih berlanjut sampai sekarang. Manga ini bercirikan 4 coma, yaitu manga strip yang setiap ceritanya hanya terdiri atas empat panel. Manga ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Kariage yang bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan swasta bernama PT Honnyara. Sebagian besar cerita di manga ini menceritakan kejahilan Kariage dalam kehidupan sehari-hari, bahkan kadang-kadang berupa kritik sosial mengenai kehidupan masyarakat di Jepang.”

Kariage dalam setiap kesempatan selalu ingin menunjukkan karakter tersendiri. Orangnya nyeleneh dan ingin tampil beda dari yang lain (anti mainstream). Kariage seringkali berbeda pendapat dengan rekan-rekannya, sehingga ia sering disebut ‘orang yang memiliki pusar bengkok’ (peribahasa Jepang). Namun dasar Kariage selalu saja ingin menang dari orang lain, ada saja alasan-alasan yang membuat rekannya kesal dan membuat saya yang membaca tersenyum geli.

Kepala Seksi Kimura selalu saja menjadi korban kejahilan Kariage - Source : Toei Animation
Kepala Seksi Kimura selalu saja menjadi korban kejahilan Kariage – Source : Toei Animation

Kepala Seksi Kimura tampaknya menjadi sahabat Kariage sekaligus orang yang selalu menjadi sasaran kejahilan Kariage. Tidak hanya di kantor, di rumah kepala seksi pun Kariage selalu membuat atasannya itu kesal. Namun dalam beberapa kesempatan, Kariage dan Kepala Seksi Kimura menjadi satu tim yang kompak bahkan pada suatu hal yang konyol. Selain kepala seksi Kimura, Direktur perusahaannya pun sering menjadi korban kejahilan Kariage. Berani benar si Kariage ini, sampai pucuk pimpinan tertinggi perusahaannya pun ia jahili. Jika itu terjadi di dunia nyata, mungkin karyawan semacam dia sudah dipecat. Ini menarik, dalam sebuah cerita, Kariage dipecat oleh Pak Direktur. Namun tidak lama kemudian dia datang lagi melamar kerja ke perusahaannya dengan wajah tanpa dosa. Seperti yang kita lihat, sampai saat ini ia masih tetap menjadi karyawan di PT Honnyara. Entah kenapa meski prestasinya biasa-biasa saja bahkan cenderung terbelakang diantara rekan-rekannya, posisi dia selalu aman.

Sama halnya dengan Kepala Seksi Kimura, Direktur perusahaannya pun ternyata sering berkoalisi dengan Kariage untuk urusan pribadi dan perusahaanya. Seperti meminta bantuan Kariage untuk menghadapi pemilik gedung agar menunda pembayaran uang sewa bulanannya.

Kariage senang sekali menggangu bahkan pada orang yang tidak dikenalnya sekalipun - Source : myanimelist
Kariage senang sekali menggangu bahkan pada orang yang tidak dikenalnya sekalipun – Source : myanimelist

Setting dalam komik Kariage meliputi kehidupan sehari-hari. Umumnya setting perkantoran. Banyak juga yang mengambil setting di apartemen yang ditempati Kariage. Banyak sekali korban kejahilan Kariage mulai dari pemilik apartemen, tetangganya, polisi patroli, pegawai minimarket, orang-orang di restoran, bahkan orang tak dikenal yang cuma lewat saja pun kena. Selain itu kadang hadir juga tema pariwisata khas Jepang seperti onsen, hiking, memancing, hingga taman hiburan. Tentu saja lokasi-lokasi itu menjadi TKP berlangsungnya kejahilan Kariage.

Saat membaca komik Kariage ini rasa capek dan penat langsung hilang. Apalagi pada waktu dulu saat saya pertama kalinya membaca komik ini, saya masih duduk di bangku SD, komik Kariage menjadi pelarian dari pelajaran Matematika dan IPA yang bikin pusing. Jujur saja saat ulangan umum kenaikan kelas waktu SD dulu saya justru lebih sering membaca komik Kariage daripada menghafal pelajaran🙂 Tapi agak kaget juga ternyata nilai ulangan saya selalu bagus dan ga ada nilai jeleknya. Sebenarnya dulu saya membaca komik ini, yang bisa saya tangkap selain tingkah kocak dan jahilnya Kariage adalah kebudayaan Jepang yang digambarkan dalam komik ini. Perkenalan saya pada budaya Jepang memang diawali oleh kegemaran membaca komik. Sekarang saat dewasa, saya mulai membaca lagi komik ini ternyata banyak sekali pesan moral yang ingin disampaikan oleh pengarangnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s