Definisi Struktur Bentang Lebar


Definisi Struktur

Definisi struktur dalam konteks hubungannya dengan bangunan adalah sebagai sarana menyalurkan beban dan akibat penggunaannya dan atau kehadiran bangunan ke dalam tanah (Schodeck, 1980). Menurut Sutrisno (1983) dalam Sukawi (2011) terdapat lima golongan bentuk struktur, yaitu struktur massa, struktur rangka, struktur permukaan bidang (struktur lipatan dan cangkang), struktur kabel dan biomorfik.

Struktur Bentang Lebar

Struktur bentang lebar merupakan struktur yang memungkinkan penggunaan ruang bebas kolom yang selebar dan sepanjang mungkin. Struktur bentang lebar biasanya digolongkan secar umum menjadi 2 yaitu bentang lebar sederhana dan bentang lebar kompleks. Bentang lebar sederhana berarti bahwa konstruksi bentang lebar yang ada dipergunakan langsung pada bangunan berdasarkan teori dasar dan tidak dilakukan modifikasi pada bentuk yang ada. Sedangkan bentang lebar kompleks merupakan bentuk struktur bentang lebar yang melakukan modifikasi dari bentuk dasar, bahkan kadang dilakukan penggabungan terhadap beberapa sistem struktur bentang lebar.

79361_gedung_dpr_mpr

Gedung DPR/MPR Republik Indonesia adalah salah satu contoh yang menerapkan struktur bentang lebar. Atap besar ini menaungi ruang sidang utama.

Struktur bentang lebar biasanya digunakan pada bangunan pabrik, masjid, ruang rapat, ruang pertemuan, aula, bandara, dan lain-lain. Di bangunan masjid ini bermanfaat agar barisan sholat tidak terputus oleh karena adanya kolom di tengah-tengah. Begitu juga halnya di ruang pertemuan atau ruang rapat yang menampung banyak orang dalam satu ruangan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s